Saturday, December 2, 2023

 

HIKMAH SEBELUM KEMBALI DISISI ALLAH SWT.

Setiap yang bernyawa pasti akan mati, siapapun itu, baik orang kaya, miskin, yang punya jabatan, orang biasa, laki, perempuan tua muda, besar kecil, bahkan semua mahluk hidup ciptaanNya tanpa terkecuali pasti akan kembali keharibaanNya. Kapan waktunya kita tidak tahu, hanya Allah yang tahu dan yang menentukan. Tidak ada yang dibawa dalam kematian kecuali amal baik dan kain kafan, tidak ada yang ikut dikubur, baik keluarga maupun saudara, kecuali kain kafan, papan kayu dan batu nisan.

Seperti dijelaskan oleh Allah dalam QS. Ali Imran : 571 yang berbunyi....

كُلُّ نَفْسٍ ذَائِقَةُ الْمَوْْتِ " Tiap-tiap yang bernyawa akan merasakan mati....". Oleh karena itu, bekalilah hidupmu dengan banyak mengingat Allah, selalu berbuat baik, beramal, jalani semua perintahnya, jauhi segala laranganNya. Dalam menjalani kehidupan didunia bukan berarti hanya beribadah sholat saja, namun berbuat baik kepada siapapun, merupakan bagian dari amalan yang mendatangkan pahala untuk kita.

Jangan sombong dan angkuh dalam hidupmu, semua sudah Allah atur tidak ada manusia yang bisa mengganti ataupun menukarnya. Ilmu manusia seperti mencelupkan jari di air laut hanya sebatas itu ilmumu dibandingkan ilmunya Allah, seluas langit dan bumi, samudra, dan setinggi tujuh lapis langit, maka dari itu, jangan congkak, angkuh dan tidak mau peduli dengan orang lain, sebaliknya punya ilmu hendaklah barengi dengan adab dan etika, sehingga ilmumu bermanfaat  serta mendapatkan kebahagiaan dunia dan akhirat yang hakiki.

Semoga kita mampu menjaga diri dan husnul khotimah



No comments:

Post a Comment